Laman

Minggu, 06 Mei 2012

3 Kekuatan Nasional Indonesia

            Di Buku Morgenthau yang berjudul Politic Among Nation, diterangkan ada 9 jenis kekuatan nasional suatu negara, yaitu :
1.      Penduduk
2.      Diplomasi
3.      Kepemimpinan
4.      Letak Geografis
5.      Militer
6.      Kapasitas Industri
7.      Ekonomi
8.      Moral Nasional Bangsa
9.      Penguasaan IPTEK

Dari kesembilan jenis kekuatan nasional adapun 3 jenis kekuatan nasional Indonesia yang menurut saya masih bisa menjadi andalan Indonesia adalah : 
1.      Penduduk
Penduduk Indonesia yang berjumlah kurang lebih 240 jiwa merupakan nilai plus  bagi Indonesia di mata dunia, di mana profil demografi Indonesia memiliki kekayaan yang sangat besar dan luar biasa. 60% dari total populasi di Indonesia adalah penduduk yang masih berusia 39 tahun atau yang lebih muda sehingga tingkat produktivitasnya pun lebih tinggi. Maka dengan proses edukasi dan pemberian insentif baik fiskal maupun non fiskal, maka akan membuahkan produktivitas dan profitabilitas yang besar, dan secara tidak langsung membawa dampak pada pertumbuhan ekonomi. Penduduk muda Indonesia dengan ide-ide segar dapat membawa peningkatan di Indonesai, serta daya kritis mereka dapat member perbaikan bagi keadaan sosiopolitik Indonesia yang sedikit menurun, hal ini terlihat dengan banyaknya kaum muda yang melakukan kritisasi terhadap kebijakan-kebijkan pemerintah yang memperlihatkan bahwa kaum muda selalu melek akan keadaan negara, serta banyaknya kemenangan yang di peroleh oleh kaum muda dalam perlombaan taraf internasional juga merupakan cerminan kualitas anak muda Indonesia yang sangat maju dan bersaing.
2.      Letak Geografis
Letak Indonesia yang berada diantara 2 benua yaitu Asia dan Australia membuat Indonesia bisa menjalin hubungan baik dengan negara – negara di kedua benua itu. Posisi tersebut selain juga berada di antara dua samudera membuat Indonesia berada di jalur lalu lintas internasional dan dapat menjadi tempat transit jalur perdagangan dunia. Hal itu membuat Indonesia dapat membuat hubungan baik dengan negara lain.
Kawasan Indonesia pun yang terdiri dari banyak pulau membuat Indonesia kaya akan budaya, karena terdiri dari berbagai suku bangsa, bahasa, dan lain lain. Selain itu juga menimbulkan banyak bentukan alam seperti danau, gunung api, pantai, yang merupakan ikon pariwisata Indonesia.
Laut yang luas dan garis pantai yang panjang membuat Indonesia menyimpan hasil laut seperti ikan, kerang, serta bahan tambang seperti minyak bumi. Hal itu dapat menambah pendapatan Negara. Letaknya yang berada dikawasan tropis membuat Indonesia kaya akan hasil hutan, berbagai jenis tanaman, dan berbagai jenis hewan.

3.      Ekonomi
Indonesia memiliki modal yang baik untuk mencapai peningkatan perekonomian. Sebab, secara historis pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah menunjukkan tren pertumbuhan positif. Di mana Indonesia memiliki pengalaman memadai dalam menghadapi situasi sulit dalam perekonomia, pada krisis ekonomi tahun 1997 dan tahun 1998 dan krisis keuangan global tahun 2007 dan tahun 2008. Kondisi sektor perbankan sebagai pilar utama pembiayaan kegiatan ekonomi tidak mengalami gangguan, bahkan menunjukkan pertumbuhan membaik. Itu terlihat dari kenaikan total aset, laba bersih, kredit, penghimpunan dana, dan rasio-rasio keuangan utama. Selain itu pula Indonesia mereupakan pasar besar bagi berbagai produk dunia, sehingga memberikan banyak wadah bagi investor dalam menanamkan sahamnya, yang sehara langsung atau pu tidak langsung memberikan suntikan segar bagi indonesai dalam memningkatkan tingkat pendapatnya baik memalui pajak dan sector lain, serta dari bentuk perekonomian indonesai ini memmacu para  pengusaha local untuk lebih memperluas daya kreatifitas mereka guna lebih memiliki wadah untuk apresiasisehingga dapat bersaing sacara global, Indonesia merupakan negara kaya yang selayaknya di dukung dengan daya krativitas penduduknya agar tidak telindas klemajuan global, tetapi tidak dapat di tapik pula, dukungan pemerintah sangatlah di butuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar